Tips Memasak Sarden Kaleng Agar Lebih Enak dan Tidak Amis - Resep Sarden Kaleng, Grosir Sarden Kaleng, Pabrik Sarden, Distributor Sarden, Manfaat Sarden Kaleng

Tips Memasak Sarden Kaleng Agar Lebih Enak dan Tidak Amis

Tips memasak sarden kaleng sebetulnya sangat mudah karena dagingnya sendiri sebetulnya sudah masak dan bisa langsung dimakan. Kebanyakan cara yang tertera dan disarankan pada label kaleng adalah Anda tinggal memanaskannya sebentar lalu ikan tuna bisa dimakan. Tapi ada juga yang ingin mengolah dan memasaknya sekali lagi dengan ditambahkan berbagai macam bumbu-bumbu agar rasanya makin enak.
Sarden adalah salah satu ikan yang berukuran kecil dan baunya bisa dibilang sangat amis tapi rasanya enak. Ikan sarden kaleng di Indonesia bisa dikatakan merupakan salah satu produk kalengan yang paling laris dan banyak yang suka. Ikan sarden tersebut sudah diolah, dimasak, dan diberi pengawet lalu dimasukkan dalam kaleng tertutup rapat. Jika belum dibukan, ikan sarden kalengan dapat bertahan lama bahkan sampai berbulan-bulan. Kalau tutup kaleng telah dibuka, maka sebaiknya langsung dikonsumsi dalam jangka waktu 1-2 hari saja. Sisa karden juga sebaiknya disimpan dalam lemari es.
Cara memasak sarden agar terasa lebih enak
Cara memasak sarden instan meski sudah masak bisa ditambahi dengan berbagai macam bumbu masakan lainnya agar terasa lebih enak. Satu hal utama yang perlu diperhatikan saat memasak sarden adalah jangan sampai dagingnya hancur karena daging ikan sarden termasuk sangat lunak. Berikut ini langkah-langkah memasak ikan sarden kaleng siap makan yang bisa dilakukan:
Bahan yang perlu disiapkan:
·         3 siung bawang putih
·         4 siung bawang merah
·         Daun bawang atau bawang bombay secukupnya
·         ½ ruas jahe diiris halus
·         Tomat
·         10 cabai merah atau sesuai selera
·         Kemangi
·         Minyak goreng
·         Bumbu penyedap rasa
Tips memasak sarden kaleng yang enak:
1.      Haluskan bumbu-bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai merah.
2.      Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng sedikit sesuai kebutuhan.
3.      Tambahkan jahe yang sudah diiris halus, bawang bombay, atau daun bawang. Lalu tumis semuanya sampai berbau harum.
4.      Tambahkan tomat saat ditumis, setelah itu masukkan ikan tuna kaleng ke dalam tumisan. Aduk-aduk sampai bercampur rata. Saat melakukan ini harus hati-hati agar daging ikan tuna tidak hancur.
5.      Setelah sudah tercampur rata, langsung angkat dan sajikan selagi masih hangat dengan nasi. Selamat makan.
Tips memasak sarden kaleng yang benar agar tidak hancur adalah harus perlahan dan hati-hati, tidak perlu terburu-buru yang penting semua bumbu dapat rata. Kalau daging ikan sarden hancur, maka akan mengurangi kenikmatannya waktu dimakan.
Cara memasak sarden agar tidak amis
Bau ikan sarden memang sangatlah amis jika dibandingkan dengan ikan lainnya. Kadang orang malas makan sarden karena baunya yang terlalu amis. Tapi jangan khawatir karena ada cara memasak sarden agar tidak amis. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghilangkan bau amis pada sarden:
Bahan yang perlu disiapkan:
·         1 kaleng ikan sarden
·         2 siung bawang putih
·         3 siung bawang merah
·         1 siung bawang bombai
·         5 cabe merah kriting
·         5 cabe rawit merah/ sesuai selera Anda (opsional)
·         Daun kemangi
·         ½ buah Jeruk nipis
·         Tomat
·         Air secukupnya
·         Gula pasir dan garam gunakan secukupnya
Tips memasak sarden kaleng agar tidak amis:
1.      Haluskan bumbu seperti bawang merah dan bawang putih, iris tipis-tipis bawang bombay dan cabai.
2.      Potong-potong tomat menjadi ukuran lebih kecil atau kotak-kotak.
3.      Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan diiris tipis sampai tercium harum baunya.
4.      Buka kaleng sarden dan masukkan ke dalam tumisan. Agar tidak ada bumbu dalam kaleng sarden yang tersisa, bisa masukkan air sedikit lalu dikocok dan tuang ke dalam wajan.
5.      Tambahkan air ke dalam wajan, kemudian aduk-aduk sebentar sambil dipanaskan dan sampai semua bumbu rata.
6.      Masukkan cabai keriting, cabai rawit, jeruk nipis, dan tomat ke dalam wajan. Tambahkan garam, gula pasir, dan daun kemangi secukupnya. Lalu aduk sampai rata.
7.      Setelah rata, angkat dan siap disajikan. Maka sarden sudah tidak terlalu bau amis lagi dan ada aroma daun kemangi yang harum. Selamat makan.
Sebetulnya masih banyak sekali bumbu-bumbu khas Indonesia yang bisa dipakai untuk sedikit menghilangkan bau amis pada ikan sarden kaleng siap saji. Contohnya seperti jahe, kunyit, asam jawa, daun kemangi, dan jeruk nipis. Tapi Anda tidak perlu memasukkan semuanya, cukup dipilih satu atau dua saja yang kira-kira sesuai dengan resep dan selera Anda.
Memang kita tidak bisa menghilangkan bau amis pada daging ikan sarden secara total, tapi justru ciri khas tersebutlah yang membuat sarden jadi tambah nikmat dimakan. Selain itu, biasanya ikan sarden sudah diproses sehingga tulangnya lunak dan enak kalau dimakan tanpa perlu mencabuti tulang-tulangnya.
Pengawetan sarden kalengan
Mengawetkan makanan dengan cara kalengan merupakan salah satu cara aman untuk mengawetkan ikan sarden. Jadi Anda juga tidak perlu khawatir dengan pengawet saat mengonsumsi ikan sarden. Bahkan ikan sarden ini memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.
Ikan sarden adalah ikan yang bermanfaat dan kaya dengan mineral, protein, dan vitamin serta lemak omega-3 yang bagus bagi jantung, otak, dan seluruh tubuh. Meski begitu, karena sarden mengandung tingkat purin yang cukup tinggi maka sebaiknya juga harus dibatasi konsumsinya, misalnya mengonsumsi 2 sampai 3 kali saja per minggu. Purin ini biasanya dikaitkan dengan tingginya asam urat pada tubuh seseorang, oleh karena itu bagi Anda yang bermasalah dengan penyakit ini sebaiknya dibatasi dengan benar.
Itulah tadi beberapa informasi mengenai tips memasak sarden kaleng produk Indonesia serta nutrisi dan pengawetannya, semoga bermanfaat.

Tentang Kami

RESEP SARDEN KALENG

DApatkan Info Menarik tentang Resep Sarden Kaleng, Usaha Sarden Kaleng, maupun Tuna Kaleng di web ini. Hubungi kami untuk penawaran dan kerjasama.

: Java, Indonesia



Popular Posts

Contact Us